Wednesday, August 30, 2006

[Review] Garmin Quest


Posted: 30 Aug 2006 13:15:06Viewed: 731 time(s)

Bicara tentang perangkat GPS, hanya ada 2 pilihan: ditenteng atau digunakan dalam kendaraan. Garmin Quest termasuk jenis GPS tentang yang praktis dan muat di saku baju Anda. Tetapi dalam ukurannya yang mungil, Quest menyimpan fitur yang selayaknya ada pada GPS-receiver, seperti perencanaan rute perjalanan, panduan dengan suara dan banyak fitur lainnya. Sayangnya, Quest tidak dilengkap dengan slot ekspansi kartu memori. Artinya Anda harus melakukan load dan reload peta yang akan Anda gunakan dalam perjalanan.


Desain
Garmin Quest didesain sangatportable. Berukuran 11.4 x 5.5 x 2.3 cm dan seberat 155.9 gram membuat Quest cukup praktis untuk selalu dibawa kemanapun Anda pergi. Casing-nya yang kokoh dan kedap air cukup aman untuk segala kondisi. Layarnya cukup mudah dilihat dibawah sinar matahari langsung namun agak buram pada cuaca mendung atau di dalam ruangan. Tapi jangan kuatir, Quest menyediakan kontrol untuk menyesuaikan brightness. Terdapat 9
tombol yang mudah digunakan Power, Find, Menu, Repeat Speak Command, Zoom-in, Zoom-out dan 8-ways cursoruntuk menggeser tampilan peta. Dibagian belakang Quest terdapatflip-up antena, port USB, jack antena eksternal dan konektor power/speaker. Untuk penggunaan dalam kendaraan, Quest dilengkapi dengan mounting device yang terhubung dengan adapter 12 volt dan speaker kombo. Mounting pada Quest bekerja sangat baik dan mampu menyangga Quest sebagaimana mestinya meskipun dalam kondisi jalan yang bergelombang.

Fitur
Garmin Quest menggunakan sinyal 12-channel dengan WAAS (Wide Area Augmentation System). Sayangnya, Quest tidak memilikihard-drive sehingga Anda perlu menginstal software mapping pada PC sebelum Anda dapat men-download peta pada Quest. Namun demikian, Anda dapat merencanakan perjalanan dan menyimpan sampai dengan 50 rute sebelum memasukkannya pada Quest.Sementara menu City Select memberikan Anda 5 juta POI (point of interest) yang dapat Anda simpan, seperti: hotel, restoran, sekolah, tempat ibadah, pasar, dan tempat-tempat lainnya. Garmin Quest dapat menyimpan hingga 500 waypoints dengan mengidenfitikasi ikon dan komen. Dan Anda masih dapat menambahkan hingga 254via points diantaranya. Kemudian Quest akan menghitung rute paling efisien untuk mencapai suatu titik. Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang berhubungan dengan layanan pengiriman dan segala hal yang membutuhkan pemilihan rute terpendek.

Suara panduan akan aktif hanya jika menggunakan adapter 12 volt yang disertakan, tetapi panduan berbasis teks pada layar tetap dapat dimunculkan. Selain teks pemandu perjalanan, Quest juga menampilkan fitur GPS pada umumnya seperti kecepatan, waktu tempuh, adometer, status satelit, dan kekuatan batere pada layarnya.

Kinerja
Yang diharapkan dari sebuah GPS-receiver adalah akurasi. Dan Garmin Quest memberikannya. Selama perjalanan baik dengan kendaraan maupun jalan kaki, Quest memberikan penelusuran yang akurat tanpa ada titik yang terlewat. Pertama kali tim CNet melakukan ujicoba dalam perjalanan di New York dibutuhkan 1 menit untuk mendapatkan sinyal satelit yang stabil. Tetapi pada percobaan kedua waktu yang dibutuhkan menurun hingga 20 detik. Pada uji coba dengan berjalan kaki di taman yang dipenuhi pepohonan yang rapat, Quest tetap memberikan hasil tracking yang memuaskan. Sinyal yang disajikan cukup kuat meskipun disela-sela pepohonan yang tinggi dan besar. Suara panduan pada Quest juga cukup jernih untuk penggunaan diluar ruangan.

Secara keseluruhan, Garmin Quest memberikan kepuasan untuk penggunaan sehari-hari. Didukung dengan daya tahan batere selama 20 jam dalam penggunaan normal. Dengan pengaturan brightnessyang lebih tinggi, Quest mampu bertahan hingga 15 jam. Ini lebih dari yang diharapkan mengingat backlight merupakan salah satu fitur penyedot batere.

Tertarik dengan Garmin Quest? Silahkan klik disini untuk detail informasi produk. (ella)

Link to Product(s):

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNethttp://www.cnet.com


Original article at: Bhinneka.Com - [Review] Garmin Quest


No comments:

Post a Comment