Monday, August 28, 2006

[News] e-Paspor dengan RFID Tetap Tidak Aman?



Posted: 28 Aug 2006 10:10:19Viewed: 984 time(s)

Sebuah konsultan sekuriti komputer di Jerman menunjukkan bahwa paspor elektronik yang saat ini sedang dikembangkan di Amerika dan negara-negara lain sangat mudah di-kloning. Paspor elektronik yang didalamnya terdapat chip penyimpan identitas pengenal berbasis frekwensi radio (RFID), menurut Departemen Dalam Negeri Amerika akan sanggup mengatasi masalah pemalsuan dan penggandaan identitas pada paspor. Sementara itu Lukas Grunwald, konsultan ahli bidang DN-System dan RFID di Jerman mengatakan data pada chip tersebut sangat mudah digandakan.


“Penerapan sistem paspor baru dengan RFID ini benar-benar telah mengecoh banyak orang. Menurut analisa saya, sistem ini dan penerapannya adalah pemborosan besar-besaran yang tidak
menghasilkan apa-apa. Sama sekali tidak menambah tingkat sekuriti seperti yang dijanjikan,” demikian disampaikan Lukas Grundwald.

Grundwald berencana akan mendemonstrasikan cara kerja kloning yang telah ia lakukan dan berhasil membobol keamanan sistem paspor baru yang dilengkap RFID pada acara Black Hat Security Conference di Las Vegas Selasa mendatang. (ella)

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNNhttp://www.cnn.com


Original article at:  e-Paspor dengan RFID Tetap Tidak Aman?



No comments:

Post a Comment