Monday, September 04, 2006

[News] Populasi Blog Meningkat 100 Kali Dalam 3 Tahun


Posted: 04 Sep 2006 13:21:14Viewed: 341 time(s)
 
Menurut data statistik sebuah situs blog-tracerTechnorati, populasi blog terus bertambah dengan kecepatan yang menakjubkan. Situs tersebut mencatat lahirnya 2 blog baru setiap 1 detik. Ini sama dengan 175 ribu blog baru lahir setiap harinya di seluruh dunia. Angka ini mengindikasi pertumbuhan blog sebesar 2x lipat dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Technorati dalam daftarnya telah menambahkan blog ke-50 juta pada akhir Juli 2006 lalu.


Situs ini mengeluarkan laporan data statistik blog setiap 3 bulan yang langsung dilakukan oleh Dave Sifry, CEO Technorati. Sifry sendiri telah mengamati dunia blog sejak 2002 dan mengaku kejutan terbesar ia alami pada kuarter kedua 2006 ini yang mencatat pertumbuhan blog paling fantastis sepanjang sejarah.

Sifry menyatakan dalam blog pribadinya bahwa populasi blog saat ini telah mencapai 100 kali lipat dibanding 3 tahun lalu. “Setiap kali saya menulis tentang statistik blog ini, banyak orang mempertanyakan: apakah pertumbuhan blog ini akan terus dan terus meningkat. Dan saya selalu membayangkan orang-orang di belakang blog tersebut. Bagaimanapun juga, saya tidak membayangkan ini akan berlangsung selamanya. Saya rasa pada saatnya nanti akan muncul masa dimana blog tidak lagi seramai sekarang” demikian perkiraan Sifry.

Sampai dengan data terakhir, Bahasa Inggris masih menjadi bahasa paling banyak digunakan dalam blog yang mendominasi 39%, diikuti oleh Bahasa Jepang (31%) dan Bahasa Cina (12%).Blogger paling sering melakukan antara pukul 10 hingga pukul 2 pagi dengan waktu puncak pada pukul 5 sore. Rata-rata terdapat 1,6 juta posting per hari atau 18,6 per detik, menurut Technorati. Peningkatan drastis jumlah posting blog biasanya dipicu oleh suatu kejadian penting yang menyedot perhatian banyak orang. Misalnya saja pada saat memanasnya konflik antara Israel dengan Hezbullah yang mencuatkan jumlah posting blog sampai dengan 2,5 juta posting per hari. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNethttp://www.cnet.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Populasi Blog Meningkat 100 Kali Dalam 3 Tahun


No comments:

Post a Comment