Friday, September 22, 2006

[News] Adobe & Symantec Bersekutu Melawan Microsoft


Posted: 22 Sep 2006 09:37:02Viewed: 340 time(s)
 
Saat ini Adobe dan Symantec sedang melobi pejabat pembuat undang-undang bidang industri Persatuan Eropa untuk melarang penjualan sistem operasi Windows Vista di Eropa. Seperti dilaporkan The Wall Street Journal, Adobe telah menyampaikan keberatannya kepada dewan legislatif Persatuan Eropa bahwa langkah Microsoft dalam menggabungkan aplikasi pembuat dan pembaca dokumen elektronik dalam Vista seharusnya dilarang. Hal ini tentu saja dengan alasan dan pertimbangan monopoli bisnis yang dapat mematikan industri pembuat perangkat lunak tersebut seperti Adobe dan Symantec. Lebih jauh lagi, Symantec disinyalir telah mengirimkan surat lobinya ke dewan legilatif Jerman di Brussel untuk memperkuat langkah Adobe.


Adobe tentu saja sangat mengkhawatirkan langkah Microsoft. Pasalnya, dengan meluncurkan Vista yang dilengkapi aplikasi pembaca dan pembuat dokumen elektronis cross-platform yang dinamai XPS, diperkirakan akan mencuri pangsa pasar Adobe Acrobat yang selama ini menguasai pasar. CEO Symantec John Thompson mengutarakan kekhawatiran serupa yang merasa terancam dengan aplikasi keamanan yang diberikan dalam paketVista. Tentu ini menjadi ancaman bagi Norton Antivirus, produk unggulan Symantec.

Kekhawatiran Adobe dan Symantec sudah tampak serius bahkan sebelum Microsoft ‘mencuri’ pelanggan mereka. Ini terjadi ketika Vinnie Gullato, seorang staf ahli peneliti antivirus berpaling. Vinnie yang tadinya bekerja untuk Symantec kini telah hengkang dan bergabung ke Microsoft. Secara terang-terangan Symantec mengungkapkan akan terus berusaha menghalangi langkah monopoli Microsoft setelah kegagalannya dalam melayangkan keberatan serupa kepada badan legislatif Amerika. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNNhttp://www.cnn.com


Original article at: [News] Adobe & Symantec Bersekutu Melawan Microsoft

No comments:

Post a Comment