Tuesday, September 26, 2006

[News] Diskriminasi Google Terhadap Hasil Pencarian


Posted: 26 Sep 2006 16:01:03Viewed: 365 time(s)
 
Sebagian besar lalu-lintas kunjungan pada sebuah website datang dari hasil pencarian pada sebuah search-engine. Google, ternyata melakukan segmentasi hasil pencarian yang ditampilkan berdasarkan lokasi. Tidak hanya lokasi pencari (surfer), tetapi juga lokasi server website yang akan dihasilkan dari pencarian tersebut.

Anda dapat melakukan percobaan dengan memasukkan kata kunci ‘webdesign’ pada beberapa domain Google yang berbeda negara, misal: google.be, google.nl dan google.com. Seseorang di Belgia telah melakukan percobaan tersebut dan mendapatkan hasil sebagai berikut:

Percobaan 1
Domain: Google.be
Hasil: Daftar perusahaan dengan kata kunci ‘webdesign’ yang berada di Belgia.

Percobaan 2
Domain: Google.nl
Hasil: Daftar perusahaan dengan kata kunci ‘webdesign’ yang berada di Belgia dan Belanda.

Percobaan 3
Domain: Google.com (dengan menggunakan proxy www.proxify.com sehingga Google mendeteksi lokasi surfer adalah di Amerika)
Hasil: Daftar perusahaan dengan kata kunci ‘webdesign’ dari situs internasional.

Teori yang dipaparkan Netlash diatas diperkuat dengan fakta dan analisa terhadap ‘diskriminasi’ yang dilakukan Google. Tentu saja lokasi Anda sebagai pencari akan sangat menentukan hasil yang disajikan Google. Tapi, mengapa Google melakukan hal tersebut? Beberapa spekulasi bermunculan, seperti: Google berusaha memberikan hasil pencarian yang lebih baik dan berguna atau Google ingin menyenangkan pemasang iklan yang biasanya menargetkan pasar lokal yang lebih potensial.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan hasil pencarian situs dari negara tertentu, pastikan IP-address Anda terdaftar pada negara tersebut. Tidak masuk akal, tapi itulah cara untuk menangkis akal-akalan Google. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostNetLashhttp://www.netlash.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Diskriminasi Google Terhadap Hasil Pencarian

No comments:

Post a Comment