Wednesday, September 06, 2006

[News] ChaCha, Search Engine Bertenaga Manusia


Posted: 06 Sep 2006 09:57:31Viewed: 457 time(s)
 
Sebuah mesin pencari baru diluncurkan kemarin. ChaCha.com yang hadir masih dalam versi ‘alpha’ (sebelum beta) langsung unavailablepagi itu juga setelah bertahan selama beberapa jam melayani pencarian. Kabarnyasih bukan disebabkan karena kewalahan memproses pencarian yang langsung menyerbu situs tersebut, tetapi lebih karena traffic pengunjung yang membludak pagi itu juga. Ini semua tentu berkat kampanye agresif tim PR ChaCha.com yang mengklaim mesin pencarinya akan menjadi saingan berat Google dan Yahoo. Tidak hanya itu, ChaCha akan tampil beda dengan mesin pencari yang pernah ada, karena ia akan mengandalkan tenaga manusia dibalik layar yang akan membantu pengunjung untuk mendapatkan hasil pencarian yang sempurna sesuai yang diharapkan.
 
Jika saja tidak menengok kembali siapa dibalik ChaCha.com, mungkin orang akan memandang sebelah mata mesin pencari baru ini. Tetapi siapa yang tidak terkesima dengan CV Scott Jones, pendiri ChaCha.com. Jones adalah pengusaha yang sudah lama menggeluti bisnis internet, mulai dari menjual fitur consumer voicemail hingga meluncurkan CDDB, sebuah sistem database yang mengelola dan mengisi nama lagu pada iTunes dan layanan musik online lainnya.

Visi Jones untuk membangun sebuah jaringan yang membayar pegawai dibalik situs ChaCha.com untuk membantu pengguna lain mendapatkan hasil pencarian yang komplek adalah hal yang dianggap ‘gila’ oleh Kevin Maney. “Ini seperti mengawinkan Google dan Wikipedia dengan cara Amway”, demikian disampaikan Maney kepada USA Today. Untuk menunjang hal tersebut, ChaCha.com dilengkapi dengan fitur chat yang memungkinkan pengunjung untuk berbicara langsung dan meminta bantuan kepada pemandu ChaCha.

Pada awal peluncurannya kemarin, Jones telah mempekerjakan sekitar 3.000 pemandu. Mereka adalah mahasiswa, eksekutif dan ibu rumah tangga dengan pengetahuan yang memadai. Gaji mereka berkisar antara $5 - $10 per jam. Jones menargetkan 500.000 pemandu pada saatnya nanti ChaCha telah berkembang menjadi sebuah mesin pencari yang matang dan handal. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNNhttp://www.cnn.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] ChaCha, Search Engine Bertenaga Manusia



No comments:

Post a Comment