Thursday, November 02, 2006

[News] PeerGuardian, Software Penangkap Pembajak Online


Posted: 02 Nov 2006 15:36:36Viewed: 617 time(s)
 
Perang antara industri film Hollywood dengan pengguna internet perihal file-sharing berisi film penuh atau potongan film kini makin memanas. Mereka kini berpacu dalam memanfaatkan teknologi tercanggih untuk mencapai tujuan masing-masing. Sejauh ini, tampaknya pengguna internet yang gemar berbagi file-lah pemenangnya. Tapi, akankah selamanya?

Pembajak video online sudah lama menemukan cara untuk menghilangkan cap air (watermark) yang dibuat Asosiasi Film Amerika (MPAA) baik pada keeping DVD yang sudah beredar maupun pada film-film new-release. Film-film baru yang belum beredar dalam bentuk DVD bisa mereka dapatkan dengan merekam secara langsung film baru yang mereka tonton di bioskop dengan menggunakan kamera camcorder. Sekarang,
setiap layar bioskop di Amerika telah diberi cap air sehingga dapat dengan mudah dikenali bioskop lokasi pengambilan gambar rekaman film tersebut dilakukan.

Apakah langkah ini berhasil?
Ternyata tidak. Pembajak film ini akhirnya menemukan cara untuk menutup dan bahkan menghapus cap air dan ‘menyelamatkan’ rekaman film hasil bajakan mereka.

Tidak mau kalah, saat ini MPAA telah menggunakan perangkat lunak PeerGuardian yang sanggup membendung aktivitas berbagi file film ilegal dengan melakukan scanning komputer pelaku file-sharing dan kemudian memasukkannya dalam daftar blocking. Pihak ketiga perwakilan asosiasi industri film dan musik nantinya akan melacak dan melakukan investigasi terhadap pemilik komputer yang terdapat pada daftar block yang dihasilkan PeerGuardian. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNNhttp://www.cnn.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] PeerGuardian, Software Penangkap Pembajak Online


No comments:

Post a Comment