Monday, November 13, 2006

[Review] Magellan Meridian Color




Posted: 13 Nov 2006 09:05:52Viewed: 595 time(s)


Kelebihan:
- Layar warna yang memudahkan pembacaan peta
- Tombol kontrol yang ergonomis dan mudah dioperasikan
- Navigasi yang sangat membantu bagi pengguna baru sekalipun
- Peta opsional yang mudah ditambahkan dan digunakan

Kekurangan:
- Slot SD Card tidak mudah diakses
- Kontras layar menurun dibawah sinar matahari langsung


Magellan Meridian Color bukan pemain baru dalam semaraknya alat penerima GPS yang sekarang sedang banyak digemari. Tidak hanya navigasi jalan raya saja yang ditawarkan, tetapi kemampuannya untuk dibawa serta saat tracking di daerah pegunungan juga patut dibanggakan. Seri tercanggih dalam rangkaian produk Magellan Meridian ini di negara asalnya telah dilengkapi dengan database peta Amerika Utara dengan kapasitas memori internal sebesar 16MB. Tentu saja Anda dapat memasukkan peta apa saja yang dibutuhkan karena pada Meridian Color tersedia SD Card Slot yang dapat menampung ruang penyimpanan tambahan sebesar berapapun kapasitas SD Card yang dimiliki.



Fitur canggih yang ditawarkan tidak ditampilkan dalam antar muka yang rumit. Layar navigasinya sangat mudah dibaca, ukuran tombolnya terasa pas di jari, dan thumb directional pad akan membantu Anda untuk mengarahkan tujuan. WAAS (Wide Area Augmentation Service) yang merupakan fitur penting pada GPS juga tersedia pada Meridian Color. Jangkauannya mencapai tidak kurang dari 3 meter.


Dibandingkan dengan seri Sportrak dari merek yang sama, Meridian memang tampil lebih bulky. Rasanya agak sulit untuk menyimpan Meridian pada saku celana Anda kecuali Anda menggunakan celana cargo. Fitur yang paling digemari dari Magellan Color ini tentu saja layarnya yang berwarna. Dengan ukuran 2.75” dan 160x120 piksel, Meridian Color menyuguhkan peta yang lebih enak dibaca. Pada test luar ruang yang dilakukan, Meridian Color tetap dapat menyajikan kontras yang baik meskipun melemah dibawah sinar matahari langsung. Sama halnya seperti ponsel, pengemudi tidak disarankan menggunakan peralatan semacam ini karena akan memecah konsentrasi dan membahayakan. Tapi fitur instruksi bersuara pada Meridian Color ini setidaknya dapat mengurangi resiko dibanding jika Anda harus melihat dan membaca layar GPS Anda.


Pada saat tim penguji menggunakan Meridian Color untuk menemukan rute perjalanan menuju suatu lokasi, Meridian Color menghasilkan rute yang cukup akurat. Tapi tentu saja jika Anda sudah hapal rute suatu jalan yang biasa Anda tempuh, akan lebih cepat tanpa menggunakan peralatan GPS apapun. Kejutan yang cukup memuaskan adalah ketika tim penguji menyalakan Meridian Color setelah suatu routing, Meridian Color dapat menampilkan kembali posisi terakhir pada saat alat ini dimatikan.


Slot SD Card yang juga menjadi kelebihan Meridian Color, sayangnya terletak di posisi yang tidak mudah diakses, yaitu dibalik baterai. Tidak akan menjadi masalah jika Anda hanya menggunakan 1 keping memori SD, tapi akan cukup menyulitkan jika Anda memiliki peta yang terdapat pada beberapa keeping memori dan Anda perlu menukar keping yang ada.


Daya tahan baterai selama 13 jam yang tertulis pada spesifikasi terbukti pada saat uji coba pada pemakaian terus menerus. Tapi jika Anda tidak puas karena harus seringkali membeli baterai AA untuk terus menggunakan Meridian Color, beli saja kabel power yang dapat disambungkan pada cigarette lighter pada kendaraan Anda.


Akhirnya, jika Anda memutuskan untuk memiliki Magellan Meridian Color dan menggunakannya dalam kendaraan Anda, rasanya akan lebih baik jika Anda melengkapinya dengan mounting bracket yang akan meletakkan Meridian di dashboard mobil Anda sehingga lebih mudah dibaca. (ella)

Source: CNet.com
Posted on Bhinneka.com on 13 Nov 2006 09:05:52
Original article: Magellan Meridian Color


No comments:

Post a Comment