Tuesday, November 21, 2006

[News] Laptop Seharga $100 Untuk Anak Miskin


Posted: 21 Nov 2006 11:30:16Viewed: 353 time(s)
 
Sebuah LSM “One Laptor per Children” telah meluncurkan sebuah laptop seharga kurang dari $100 yang hanya ditujukan bagi anak-anak di negara-negara miskin dan berkembang. Laptop pertama yang menjadi prototype telah dipamerkan kepada Departemen Dalam Negeri Amerika, seperti dilaporkan The Inquirer.

Meskipun pada saat ini harga laptop tersebut masih sekitar $125, Nicholas Negroponte dari MIT Media Lab yang menjadi perintis dan pendiri “One Laptop per Child” menargetkan harga tersebut akan mencapai $100 selambat-lambatnya pada 2008.
Masih menurut The Inquirer, sebanyak 900 unit laptop murah ini akan diluncurkan pada awal 2007 dan akan didistribusikan untuk para pengembang perangkat lunak yang akan membuat aplikasi khusus untuk laptop tersebut, sebelum nantinya diproduksi dan dipasarkan secara masal di seluruh dunia.


Proyek ini bukan tanpa kritik. International Herald Tribun memuat keraguan kalangan pemerhati perkembangan teknologi atas kualitas laptop seharga $100 tersebut.
Tentu saja hal tersebut telah menjadi pemikiran Negroponte dan tim-nya. “Kami sedang dan masih akan terus melakukan serangkaian uji coba  pada laptop ini baik dari aspek mutu dan kelayakannya. Berbagai scenario kondisi lingkungan seperti cuaca yang sangat dingin, sangat panas, lembab, berdebu, atau bahkan untuk penggunaan di tengah hutan, telah kami akomodir dalam berbagai uji coba yang kami lakukan. Karena laptop ini dimaksudkan untuk dapat digunakan di seluruh dunia dengan iklim yang sangat beragam”, seperti dijelaskan Negroponte kepada International Herald Tribun.

Dan dalam upaya “One Laptop per Child” memberikan sarana belajar yang murah bagi kemajuan anak-anak di negara miskin, Negroponte meminta dukungan kalangan penguasaha terutama pengembang perangkat lunak untuk dapat menyumbangkan perangkat lunak dan aplikasi gratis yang akan disertakan dalam paket penjualan laptop murah tersebut. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostGoogle Newshttp://news.google.com


Original article at: [News] Laptop Seharga $100 Untuk Anak Miskin


No comments:

Post a Comment