Wednesday, November 22, 2006

[Review] Apple AirPort Express (M9470FE/A)


Posted: 22 Nov 2006 16:28:37Viewed: 881 time(s)
 

Anda penggemar Apple dan menginginkan sebuah alat serba bisa yang akan memudahkan koneksi jaringan Anda? Apple AirPort Express bisa jadi yang Anda butuhkan. Hadir dalam desain cantik dan rapi khas Apple, AirPort Express menyajikan beberapa fungsi jaringan sekaligus seperti: 10/100 ethernet port, 802.11g access point, dan USB print server. Tambahan mini stereo jack memungkinkan Anda untuk menghubungkan sound system ke jaringan nirkabel. Sayangnya streaming musik hanya kompatibel dengan iTunes. Namun demikian fitur tersebut tetap menjadikelebihan Airport Express yang memang mengkhususkan diri sebagai perangkat jaringan.

Kelebihan lain AirPort Express adalah kemampuannya untuk membangun koneksi dengan sesama AirPort seri lain secara nirkabel. Artinya pengguna AirPort Express tidak lagi membutuhkan kabel jaringan maupun power-line gear. Tapi fitur jaringan lain seperti SPI firewall yang memungkinkan Anda mengendalikan port secara spesifik tidak tersedia pada AirPort Express. Namun jika dilihat dari harga yang ditawarkan, fitur yang tersedia cukup sepadan dan sesuai untuk pemakaian dasar.

Setup dan Penggunaan
Setup awal sebelum menggunakan Apple Airport Express cukup sederhana. Langkah-langkah setup bisa berbeda tergantung fungsi yang akan diaktifkan. Buku petunjuk penggunaan setebal 48 halaman dapat diandalkan sebagai pemanda Anda selama proses 
setup. CD yang disertakan juga menyediakan panduan langkah-langkah setupAirPort Express pada PC berbasis Windows. Paket yang dijual tidak menyertakan kabel jaringan yang mungkin Anda butuhkan.


Anda dapat menjalankan proses setup menggunakan AirPort Admin Utility yang akan menuntun langkah-langkah yang diperlukan selamasetup. Kedua versi utilitas ini baik pada Apple maupun Windows menyajikan panduan yang sangat membantu. Hanya saja,configuration-tool tidak tersedia dalam basis browser. Ini artinya Anda hanya dapat melakukan konfigurasi menggunakan komputer yang sudah ter-install Admin Utility Software didalamnya.

Fitur dan Keamanan
Fitur paling inovatif yang sangat diperhitungkan pengguna Apple adalah kemampuannya melakukan streaming iTunes secara nirkabel dari sebuah komputer ke speaker atau perangkat stereo lain. Selain fitur-fitur jaringan yang menjadi fungsi utamanya, AirPort Express juga menghadirkan kemudahan dan kesederhanaan penggunaan.Power adapter  dirancang menyatu dengan unit sehingga dapat langsung dihubungkan ke sumber listrik. Ini menjadikan AirPortExpress sebuah perangkat jaringan yang mudah dan tidak merepotkan untuk dibawa dalam perjalanan.

Fitur keamanan pada AirPort Express termasuk didalamnya NAT firewall, MAC filtering, RADIUS support, LEAP support, WEP dan WPA. Fitur-fitur tersebut mencakup sebagian besar dari skenario jaringan yang mungkin.

Kinerja
Dari pengujian yang dilakukan, AirPort Express menduduki peringkat terbaik dibanding produk sejenis. Kecepatan sebuah access point masih tetap dimenangkan D-Link DWL-2100AP. Tetapi Apple AirPort Express mampu mencapai kecepatan tertinggi pada mode turbo untuk produk proprietary Apple yang hanya kompatibel dengan D-Link. AirPort Express akan menghasilkan kecepatan yang lebih baik jika bekerja dengan perangkat lain berstandar 802.11g,tetapi AirPort Express kompatibel dengan semua perangkat berstandar 802.11b/g.  

Dengan kecepatan nyata maksimum sebesar 25Mbps, pada standar 802.11g AirPort Express mampu melampaui Buffalo WLA-G54C dan sejajar dengan Linksys WAP54G dan Netgear WG602. Tetapi ketika penggunaanya digabungkan dengan perangkat berstandar 802.11b, kecepatan nyata AirPort Express menurun hingga 16Mbps, sedikit lebih lambat dibanding Buffalo WLA-G54C tetapi jauh lebih cepat dibanding Linksys WAP54G dan Netgear WG602. Jangkauan jarak terjauh yang sanggup dicapai AirPortExpress pada pengetesan dalam ruang sanggup mencapai 60 meter, lebih jauh dibanding pada spesifikasi yang dinyatakan 'hanya' 45 meter. (ella)

Link to Product(s):
APPLE M9470FE/A
Beli   Info
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNethttp://www.cnet.com


Original article at: Bhinneka.Com - [Review] Apple AirPort Express (M9470FE/A)


No comments:

Post a Comment