Tuesday, November 14, 2006

[News] Vista Menantang Hacker


Posted: 14 Nov 2006 11:03:24Viewed: 471 time(s)

Jim Allchin dari Microsoft memberikan pernyataan yang keras kepada para hacker. Pernyataan yang lebih terasa sebagai tantangan itu ditujukan kepada seluruh hacker untuk menjajalVista yang katanya tidak mempan serangan virus apapun. Seperti dikutip BetaNews, Allchin tidak saja menantang hacker tetapi juga sesumbar bahwa Vista bisa terus berjalan aman tanpa memerlukan software antivirus apapun.

Tampak canggih? Jangan dulu terkecoh. Vista memanfaatkan trik dengan mengacak lokasi file sistem pada masing-masing PC. Kebanyakan virus mengandalkan letak file sistem yang sama pada setiap PC untuk dapat melancarkan serangan. Tentu saja ini tidak menjadi masalah bagi Vista yang patut berterima kasih pada Address Space Layout Randomization yang mengendalikan pengacakan file sistem tersebut.
 
Ketika Microsoft membangga-banggakan fitur keamanan yang menjadi satu dalam paket produknya, juga Allchin yang melancarkan promosi dengan menebar tantangan kepada hacker, berbagai kalangan menilai Allchin telah melanggar prinsip keamanan sebuah sistem perangkat lunak, yaitu: jangan pernah menabuh genderang perang dengan para hacker, karena itu sama saja dengan mencari masalah.

Terlalu mengandalkan fitur pada Vista ini ternyata bukan ide yang cemerlang. Peneliti faktor keamanan sistem telah menemukan kelemahan pada fitur pengacakan file sistem pada Vista yang ternyata dapat menyebabkan sistem menjadi tidak stabil. Ini menumbangkan pernyataan Michael Howard dari Microsoft yang menyebutkan Vista dirancang sangat istimewa pada fitur sekuritinya tersebut. Sebuah komentar pada blog Howard yang pro-Vista menyatakan hacker bisa saja menaklukkan Vista jika menggunakan 1.000 PC yang terinfeksi virus untuk mengecek setiap lokasi file yang mungkin. (ella)

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNNhttp://www.cnn.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Vista Menantang Hacker

No comments:

Post a Comment