Friday, November 10, 2006

[News] Perang Perebutan ‘Bumi’: Google vs. Microsoft


Posted: 10 Nov 2006 14:20:09Viewed: 388 time(s)

Perang memperebutkan dominasi bumi virtual kemarin ditabuh oleh Microsoft dengan merilis versi lanjutan dari Virtual Earth. Perbaikan yang disuguhkan Microsoft pada versi lanjutan yang dinamaiSpaceland ini terletak pada kualitas layer 3D dan gambar peta jalan berkualitas foto. Memang, foto 3D telah tersedia sebelumnya, juga pada Google Earth, tetapi belum terintegrasi dalam satu produk dengan utilitas seperti yellow-pages. Aplikasi Google Earth dan peta jalan yang lebih detail dikemas terpisah. Versi sebelumnya masih memerlukan aplikasi Google Earth yang harus di-download terlebih dahulu, sementara versi selanjutnya dapat bekerja dengan browser.

Redmond, orang dibalik sukses pemasaran Spaceland, tampaknya tidak buang-buang waktu pada saat ia ‘menjajakan’ Spaceland kepada pemasang iklan. Lima belas kota besar yang di-capture dari Spaceland dalam tampilan 3D yang memukau terpampang
dalam papan reklame berukuran raksasa di jalan-jalan utama New York. Namun demikian, kemeriahan ini tak lepas dari kritik. “Microsoft memang selalu berinovasi, tetapi tidak selalu tepat”, tulis seorang pembaca Slashdot. Sementara O’Reilly Radar menilai Spaceland ‘lumayan’. CNET tampaknya lebih bijaksana mengomentari Spaceland, “Pengguna Spaceland dapat terbang dari satu gedung ke gedung lain secara virtual tetapi terasa nyata seperti pengalaman dengan dunia 3D dari Second Life”.

Pastinya akan selalu ada keluhan untuk setiap produk yang dilepas ke pasar. Misalnya saja pada Virtual Earth yang hanya dapat bekerja pada Internet Explorer. Sementara untuk Spaceland, Anda harus bersiap-siap untuk meng-install beberapa plug-ins dan .NET 2.0 juga PC berkemampuan handal.

Lantas, apakah Google Earth terguncang? “Dengan keterbatasan Spaceland yang hanya bisa menggunakanbrowser IE, OS Windows XP SP2, berbagai plug-ins dan lainnya, kami tidak melihat Spaceland sebagai ancaman bagi Google Earth. Jika Anda penggemar setia Microsoft, mungkin Anda akan bahagia. Tapi, jika Anda pengguna Mac, Linux, Firefox, Opera dan produk non Microsoft lainnya, lupakan saja Spaceland!” Demikian kutipan dari blog pengguna Google Earth. (ella)

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNNhttp://www.cnn.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Perang Perebutan ‘Bumi’: Google vs. Microsoft

No comments:

Post a Comment