Monday, January 22, 2007

[News] Server Sun Kini Ber-Intel


Posted: 22 Jan 2007 18:04:23Viewed: 357 time(s)
 
Sun Microsystem Inc., perusahaan pembuat server terkemuka, kemarin malam telah membuat kesepakatan dengan Intel Corp. untuk bersinergi dalam ‘mengawinkan’ produk mereka pada seri-seri server yang akan datang. Demikian informasi tidak resmi yang disampaikan salah seorang pejabat dari Sun yang terlibat dalam kesepakatan tersebut kepada AP (Associated Press) Minggu (21/1) malam di San Fransisco.

Sumber yang menolak menyebutkan identitasnya tersebut mengatakan bahwa deal yang dibuat antara Sun dan Intel hampir 100% final tetapi belum menentukan waktu pengumuman kerjasama tersebut kepada publik. Sementara informasi mengenai poin-poin kesepakatan masih dirahasiakan.


Intel sepertinya merasa perlu membuat gebrakan untuk menyelamatkan perusahaan yang pernah mendominasi pasar prosessor dunia tersebut. AMD yang beberapa tahun terakhir terus menggerogoti dominasi pasar Intel telah menjadi ancaman serius bagi eksistensi Intel.

Sejak 2003, Sun secara eksklusif telah meminta AMD untuk memasok chip mikro-arsitektur x86 yang sangat popular itu untuk digunakan pada beberapa seri PC dan server Sun. Sumber dari Sun menyebutkan bahwa mereka tetap akan menggunakan AMD pada beberapa seri produk mereka dan akan meluncurkan line-upsendiri dibawah bendera Sparc.

Tahun lalu, setelah kehilangan 5% dari seluruh pasar chip di dunia, Intel segera meluncurkan beberapa seri chip baru dengan perbaikan desain dan peningkatan kinerja terutama pengurangan panas yang ditimbulkan prosesor. Selain terobosannya dalam meluncurkan seri-seri baru menyaingi AMD, langkah yang ditempuh Intel dengan menggandeng Sun dinilai sangat strategis.

Shawn Dainas dari Sun dan Tom Beermann dari Intel sama-sama menolak untuk memberikan pernyataan ketika dihubungi. Sementara Sun dijadwalkan akan mengumumkan laporan pendapatan kwartal ke-2 mereka pada Selasa (23/1). Beberapa pengamat berspekulasi tentang adanya keterkaitan antara kesepakatan yang baru dibuat dengan Intel dengan laporan pendapatan yang akan diumumkan 2 hari sesudahnya. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostYahoo! Newshttp://news.yahoo.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Server Sun Kini Ber-Intel



No comments:

Post a Comment