Wednesday, November 21, 2007

[News] Amerika Eksportir Terbesar Sampah Elektronik Dunia


Posted: 21 Nov 2007 11:50:33Viewed: 941 time(s)
 
Sebagian besar warga Amerika mungkin merasa telah menyelamatkan bumi dengan mendaur ulang sampah elektronik mereka seperti komputer, TV dan ponsel bekas. Tapi tidak banyak terungkap bahwa justru Amerika lah eksportir terbesar sampah elektronik ke negara-negara lain yang dapat membahayakan pekerja daur ulang dan tentu saja mencemari bumi lebih luas lagi.

Tidak ada angka pasti berapa besar volume sampah elektronik yang dibuang Amerika ke bagian lain dunia, tetapi aktivis lingkungan hidup memperkirakan sekitar 50-80% dari hampir 400 ribu ton sampah elektronik dari
seluruh Amerika diekspor ke luar negeri untuk pengolahan lebih lanjut. Pekerja daur ulang pada negara-negara ‘penadah’ sampah elektronik Amerika seperti China, India dan Nigeria selanjutnya menggunakan palu besar dan gas pembakar untuk menghancurkan besi, kaca dan materi perangkat elektronik lain. Polusi lebih berbahaya dihasilkan dari proses ini seperti gas beracun dan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan pendaur ulang dan lingkungan sekitarnya.


Menurut broker sampah elektronik di Amerika, mereka mengekspor perangkat elektronik bekas bukan untuk mencemari negara lain, tetapi untuk menyebarkan perangkat elektronik bekas mereka yang mungkin masih dapat digunakan oleh negara-negara miskin.

Pada September yang lalu, aktivis lingkungan hidup di Hong Kongmendatangi bagian pabean yang menerima barang-barang impor dan meminta petugas membuka beberapa kontainer yang sedang masuk. Tidak mengejutkan bagi mereka ketika menemukan 2 kontainer diantaranya berisi tumpukan monitor dan TV bekas dari Amerika. Pemerintah China memutuskan untuk mengirim kembali kontainer tersebut ke Amerika.

Fortune Sky yang bermarkas di Tennesse mengekspor komputer dan komponen bekas ke ChinaMalaysiaVietnam dan negaraAsia lainnya. “Asia merupakan pasar potensial yang membutuhkan komputer bekas yang tidak lagi kami gunakan. Kami rasa itu tidak akan mencemari selama komputer bekas yang kami kirimkan masih dapat digunakan”, seperti disampaikan Vincent Yu, General Manager Fortune Sky.

Beberapa temuan aktivis lingkungan hidup tentang kegiatan ekspor sampah elektronik, antara lain:
§ Hong Kong telah mengembalikan 85 kontainer pengiriman sampah elektronik termasuk diantaranya 20 kontainer dari Amerika.
§    8 negara bagian di Amerika telah melewati proses hukum dan memutuskan perusahaan-perusahaan tersebut harus menarik kembali ekspor sampah elektronik mereka.
§        Aktivis lingkungan hidup mengeluhkan tidak adanya test masih berfungsi-tidaknya komputer bekas sebelum diekspor ke negara lain.
§ Begitu juga importir tidak mengecek apakah komputer bekas yang mereka terima masih berfungsi dengan baik.

Keprihatinan aktivis lingkungan hidup akhirnya membuahkan hasil sehingga pada akhirnya pemerintah meminta perusahaan elektronik seperti Apple, Dell, Hewlett-Packard dan Sony untuk membuat kebijakan pengumpulan kembali produk bekas pakai dari pelanggan mereka. Kemudian menjadi tanggung jawab perusahaan tersebut untuk mendaur ulang dengan memperhatikan prosedur amdal. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNNhttp://www.cnn.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Amerika Eksportir Terbesar 
Sampah Elektronik Dunia


No comments:

Post a Comment