Thursday, March 08, 2007

[Review] Motorola RIZR Z3


Posted: 08 Mar 2007 14:25:26Viewed: 770 time(s)


Fitur Unggulan:
§          desain yang cantik
§          konstruksi yang solid
§          kamera 2 megapiksel
§          microSD card slot
§          GPRS Class 12+ EDGE

Kekurangan:
§         tidak ada yang baru pada antarmuka
§         tidak mendukung Java 3D
§         tidak mendukung 3G
§         merekam video hanya pada kualitas QCIF

Yap, setelah mendominasi desain dan pasar ponsel lipat (clamshell), kini Motorola menghadirkan desain baru dalam bentuk sliding. Melihat tampilannya yang gagah, orang mungkin akan mengira RIZR Z3 adalah ponsel yang kaku dan berat. Jangan salah, bodinya yang terbuat dari logam dan karet justru membuatnya tampak tangguh dan dapat diandalkan, selain juga nyaman digenggam tentunya.


Desain
Ok, Z3 memang keluar dari pakem clamshell ciri khas Motorola, tapi apakah ini yang diharapkan pengguna? Seorang penguji dari Cnet merasakan Z3 sebagai ponsel yang enak digenggam dan memberikan rasa mantap. Dibagian depan hanya terdapat layar dan tombol navigasi, sementara tombol angka-angka terdapat dibaliknya. Anda tentu harus menggeser sliding-nya untuk menggunakan angka-angka tersebut.

Tadinya Motorola meng-klaim bahwa Z3 adalah ponsel sliding paling tipis, tapi ternyata tidak lama setelahnya, muncul berbagai seri dari merek lain yang menawarkan desain yang lebih tipis. Tapi meskipun demikian, tebalnya yang 16 mm masih menyisakan kesan tipis di genggaman.

Sementara di bagian belakang, desain Z3 dibiarkan kosong. Hanya terdapat lensa kamera dengan kaca pelindung, logo ‘M’ Motorola dibagian tengah penutup baterai, dan celah speaker berwarna biru di bagian bawah.

Keypad
Untuk keypad, tidak banyak yang bisa diceritakan. Desain dan rasanya hampir sama seperti seri-seri V sebelumnya yang datar dan elegan. Yang menarik adalah sinar biru yang dipancarkan dari sela-sela keypad ketika diaktifkan. Sinarnya jernih dan memudahkan penggunaan keypad di suasana gelap. Membuatnya tampil lebih cantik dan menarik perhatian.

Display & Backlight
Yang layak mendapat pujian adalah kontras yang ditampilkan layar Z3. Bisa dikatakan sempurna. Z3 sanggup mempertahankan kontras di layarnya pada situasi pemakaian dibawah sinar matahari sekalipun. Didukung juga dengan lampu layar yang melengkapi kontras yang baik.

SMS
Menu SMS pada Z3 sama seperti yang terdapat pada seri-seri lain Motorola. Artinya, disana terdapat folder Message Inbox dan Email Message Inbox. Ada juga folder Draft, Outbox, Voicemail, dan Sent Message. Yang baru adalah penghitung karakter yang sekarang dimulai dari 0, tidak lagi menghitung mundur dari 160.

Browser
Built-in browser yang terdapat pada RIZR Z3 dapat membuka halaman web, tetapi tidak mendukung halaman web dengan java script atau halaman web yang lebih komplek. Kami menyarankan untuk menginstal browser Opera yang bekerja lebih ringan pada Z3 dibanding IE.

Sementara proses sinkronisasi pada RIZR dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, aplikasi MOTOSYNC akan secara otomatis terbuka dan secara otomatis akan melakukan sinkronisasi melalui server, jika jaringan Anda mendukung fitur ini. Ada juga sinkronisasi antara Z3 Anda dengan PC yang Anda gunakan melalui Phone Tools. Selain 2 jenis sinkronisasi diatas, Anda juga dapat melakukan sinkronisasi entri pada Contacts dan Calender Anda dengan ponsel lain.

Calender
Motorola biasanya menghadirkan fitur-fitur Organized standar seperti Calender, Notes, Calculator, dan Alarm Clock. Calender hadir dalam format bulan, minggu, dan harian. Anda dapat menambahkan agenda atau reminder untuk jadwal-jadwal Anda. Aplikasi Notes terdapat dalam menu Messaging dan Anda dapat menulis catatan pendek dalam bentuk teks. Calculator hadir dalam bentuk yang sederhana dan mudah digunakan. Clock Alarm mempunyai pilihan jenis alarm, apakah untuk sekali peringatan, atau peringatan berulang. Sementara aplikasi Voice Recorder mengambil free-memory untuk menyimpan, sehingga dapat diperkirakan, kapasitasnya terbatas.

Aplikasi Lain
Yang agak menggembirakan adalah fitur aplikasi pre-instal bernama MoroReader. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuka dokumen Office seperti Word dan Excel. Tapi, mungkin Anda lebih menyukai fitur dukungan aplikasi Java daripada fitur ini.

Kesimpulan
Well, jika Anda mengharapkan ponsel dengan dukungan 3G dan Java seperti yang akhir-akhir ini sedang marak, tentu RIZR tidak tidak memberikan yang Anda cari. Tapi jika Anda menginginkan ponsel dengan penampilan gagah, solid di genggaman, gaya, dengan fitur-fitur memadai dan harga terjangkau, silahkan masukkan Motorola RIZR Z3 dalam daftar pilihan Anda. (ella)

Link to Product(s):
MOTOROLA RIZR Z3
Beli   Info

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostGSM Arenahttp://www.gsmarena.com


Original article at: Bhinneka.Com - [Review] Motorola RIZR Z3



No comments:

Post a Comment