Thursday, February 08, 2007

[News] Pilih Vista Yang Mana Yaa...?


Posted: 07 Feb 2007 11:33:55Viewed: 418 time(s)
 

Microsoft Windows Vista mulai Februari ini sudah dipasarkan dan dapat segera dinikmati oleh pengguna PC yang telah lama menanti kehadiran Vista. Tidak seperti Windows sebelumnya, kali iniVista dihadirkan dalam beberapa versi. Mungkin akan menjadi pertanyaan bagi calon pembeli Vista, kira-kira Vista mana yang paling pas sebagai pilihan. Berikut akan menjawab beberapa pertanyaan sebelum membeli Vista.

 


Mulai dengan Vista Basic

Tampaknya, Vista Home Basic yang paling terjangkau untuk saya. Apakah Basic bisa jadi pilihan yang pas buat saya?

Jika spesifikasi hardware Anda sedikit berlebih untuk Basic dan Anda rela merogoh kantong Anda sedikit lebih ‘dalam’, Home Premium akan membuat perbedaan yang cukup menggembirakan. Fitur Aero yang mengagumkan itu, baru tersedia pada versi Premium dan versi-versi diatasnya. Sekali lagi, silahkan cek hardware Anda sebelum meng-install Vistadidalamnya. Pilihan untuk membeli PC baru dengan Premium sudah ter-install didalamnya, tentu yang terbaik.

 


Jadi, Premium nih?
Terus, di Premium ada apa saja?
Yang paling signifikan, Premium akan memungkinkan Anda log-in dan mengakses domain Windows Server pada Windows Server 2003. Untuk aksesibilitas domain, membandingkan Home dengan Premium seperti membandingkan XP Home dengan XP Pro. Vista Home Basic, seperti halnya XP Home memberikan support yang kurang untuk akses ke domain. Satu lagi persamaan Business dengan XP Pro, Business memungkinkan Anda untuk melakukan kontrol sistem secara remote melalui Remote Desktop tool. Jika Anda dalam perjalanan ke Chicagodan Anda lupa membawa file penting, Remote Desktop akan memungkinkan Anda terhubung dengan PC di kantor dan mengopinya atau meng-email file tersebut pada notebook yang Anda bawa serta.


Vista untuk Tablet-PC Anda
Saya menggunakan tablet-PC. Bisakah saya meng-instal Vistapada tablet saya?
Tentu bisa, jika Anda membeli Vista yang mendukung fungsi-fungsi tablet PC. Versi yang mendukung tablet-PC antara lain: Home Premium, Business, Enterprise dan Ultimate. Tapi sebelum Anda membeli, sebaiknya lakukan cek ulang kesesuaian konfigurasi tablet Anda dengan spek minimal yang dibutuhkanVista. Kebanyakan tablet umumnya memiliki spesifikasi pas-pasan yang akan membuat Vista tampil kurang optimal.


32-bit vs. 64-bit
Lalu, ada apa di Vista versi 64-bit? Apakah ada alasan kuat untuk menjalankannya di PC saya?
Seperti pada XP Pro versi 64-bit, Vista 64-bit dapat dijalankan baik pada aplikasi 32-bit maupun 64-bit, dengan kebutuhan memory sebesar 4GB. Tentu saja aplikasi yang membutuhkan tampilan prima seperti CAD, foto, video dan audio editing akan lebih baik dijalankan pada versi 64-bit. Tentu saja perlu dicek terlebih dahulu aplikasi yang akan digunakan, apakah support 64-bit. Tapi ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum beralih ke versi 64-bit. 64-bit membutuhkan drivertersendiri yang kadang tidak mudah didapatkan. Memory yang diperlukan juga lebih tinggi dibandingkan kebutuhan 32-bit.

Jadi, jika saya menggunakan versi 64-bit, apakah saya harus membeli disk yang berbeda?
Tidak perlu, karena setiap paket retail Vista telah menyertakan format 32-bit maupun 64-bit. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostPC Worldhttp://www.pcworld.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Pilih Vista Yang Mana Yaa...?


No comments:

Post a Comment