Tuesday, February 20, 2007

[News] ATI Lebih OK Untuk Vista


Posted: 20 Feb 2007 17:55:40Viewed: 383 time(s)
 
Setelah Nvidia Corp. menuai protes dari paragamer yang kecewa dengan kinerja prosesor grafis Nvidia pada Windows Vista yang baru diluncurkan, ATI Technologies Inc. tampaknya mengambil kesempatan dari situasi tersebut.

ATI, perusahaan dibawah Advanced Micro Devices Inc. (AMD), merupakan perusahaan terbesar kedua pembuat chip kartu grafis yang mengklaim produk driver-nya: Catalyst, akan memungkinkan para gamer untuk memainkan game apapun di Vista. Permasalahan yang selama ini muncul pada produk kartu grafis lain, katanya tidak akan ditemui jika menggunakan Catalyst.
“Kami telah bekerja keras bersama-sama dengan Microsoft selama 4 tahun terakhir ini untuk dapat menciptakan driver yang benar-benar akan bersinergi dengan Vista. Semua produk telah mendapat sertifikasi dari “Windows Hardware Quality Labs(WHQL),” demikian disampaikan Ben BarHaim, Vice President ATI's Software Engineering Division pada sebuah interview yang diadakan minggu lalu.

Bahkan sebelum peluncuran Vista secara resmi pada bulan Januari lalu, para gamer telah mencoba memindahkan games mereka dari Windows XP beserta DirectX 9 ke Vista versi Beta. Mereka melaporkan banyaknya permasalahan yang timbul seperti lambatnya animasi yang ditampilkan. Beberapa game yang melibatkan adegan menembak bahkan mengalami crash. Sebut saja CounterStrike, Half-Life 2, Doom 3 dan F.E.A.R.

Vista sebenarnya kompatibel dengan DirectX 9 yang umumnya telah terdapat pada hampir semua PC yang ada saat ini. Namun demikian, telah diluncurkan DirectX 10 yang tentunya akan memberikan kualitas permainan game yang lebih baik. Tetapi, belum begitu banyak game yang dibuat khusus untuk bersinergi dengan Vista dan DirectX 10 sejauh ini.

NVidia telah ‘mengalahkan’ pasar ATI dengan prosesor pertama yang kompatibel dengan DirectX 10, yaitu GeForce 8800. Tetapi NVidia juga ‘mengalahkan’ ATI dalam panen protes yang dilayangkan pengguna NVidia sebelumnya. Beberapa pemrotes berat bahkan membuat situs yang berisi tuntutan class-actionkepada NVidia atas produk malfungsi keluaran NVidia yang masih belum mendapat sertifikasi dari Microsoft's WHQL.

Jadi, mana yang lebih bahagia, pengguna ATI apa NVidia? (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostComputer Worldhttp://www.computerworld.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] ATI Lebih OK Untuk Vista



No comments:

Post a Comment