Wednesday, May 21, 2008

[News] Napster is Back!


Posted: 21 May 2008 15:50:37Viewed: 723 time(s)
 
Masih ingat Napster? Sebuah situs berbagi MP3 yang begitu digemari beberapa tahun lalu. Sejak tuntutan hukum dari berbagai perusahaan label rekaman memenangkan gugatan terhadap Napster pada akhir 2001, banyak kalangan pesimis Napster akan bertahan dalam bentuk apapun. Terlebih putusan hukum sempat menyatakan Napster Inc. bangkrut dan mengharuskannya menjual aset yang dimiliki pada saat itu.
Namun tampaknya keraguan tersebut terjawab. Sejak kemarin, Selasa (20/05), Napster kembali menghadirkan layanan musik onlinedan berharap tetap dapat memanjakan lebih dari 760.000 anggotanya yang telah terdaftar hingga 31 Maret lalu. Mungkin agak ketinggalan dibanding situs musik online lain yang telah sejak lama mengantisipasi
kebijakan pelarangan penyebaran musik berlisensi, namun demikian langkah Napster tersebut tetap mendapat sambutan hangat dari penggunanya.

Tidak setengah-setengah, Napster menawarkan beberapa kemampuan yang mungkin tidak dimiliki situs sejenis, seperti adaptasi teknologi terkini untuk merubah format file musik tertentu kedalam format yang kompatibel dengan berbagai aplikasi pemutar musik virtual maupun perangkat pemutar musik digital.
Tadinya, perusahaan label rekaman menolak untuk melegalisasi musik meraka untuk di-download tanpa pembatasan hak cipta. Namun dominasi iPod beserta iTunes Music Store ’memaksa’ perusahaan label rekaman melunak untuk menjaga bisnis mereka tetap dapat bersaing. Ini tentu menjadi angin segar bagi perusahaan seperti Napster untuk melanjutkan hidup.
Napter akan menjual satu lagu seharga $0.99 untuk di-download. Sementara download satu album penuh dibandrol mulai dari $9.95.
Napster tidak bermain sendirian. Sudah ada Amazon yang melengkapi layanannya dengan menyediakan download musik berbayar. Namun itu tidak membuat Napster gentar. Napster mengklaim katalog yang dimilikinya adalah yang terbesar dengan lebih dari 6 juta file musik mengungguli Amazon yang sejauh ini baru menyediakan sekitar 5 juta file musik.
Pada Senin (19/05) sebelumnya, saham Napster ditutup pada $1.54 setelah menguat $0.65. Dalam satu tahun terakhir saham Napster telah diperdagangkan antara $1.33 hingga $3.92. Gebrakan Napster ini diprediksi akan sanggup mengatrol harga sahamnya paling tidak ke level normal seperti sebelum-sebelumnya. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostYahoo! Newshttp://www.news.yahoo.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Napster is Back!


No comments:

Post a Comment