Thursday, March 13, 2008

[News] Wal-Mart Berkonspirasi dengan Microsoft?


Posted: 13 Mar 2008 18:23:06Viewed: 626 time(s)
 
Musim gugur lalu, Wal-Mart dengan bangga mengumumkan penjualan perdana green PC (gPC) dari Everex dengan daya pikat pada harga jual yang hanya $200 saja. gPC yang dirancang dengan konsep hijau demi mendukung produk ramah lingkungan berjalan dibawah platform Linux Ubuntu. 

Namun beberapa hari lalu, Melissa O’Brien, juru bicara Wal-Mart menyampaikan kepada Associated Press bahwa Wal-Mart memutuskan untuk menghentikan penjualan gPC dari Everex pada outlet-outlet mereka. Meskipun demikian, Wal-Mart tetap akan menjual gPC secara online. Alasan utama yang dikemukakan O’Brien semata-mata karena selama ini gPC yang dipajang pada rak dalam outlet mereka kurang diminati pelanggan yang datang langsung ke outlet.

Analisa Wal-Mart menemukan fakta bahwa menjual gPC secara online ternyata jauh lebih efisien ketimbang memajangnya di outlet. Dalam penjualan online, Wal-Mart masih akan menjual versi terbaru gPC dengan harga $199 tanpa monitor. Sementara Cloudbook, laptop ramah lingkungan dari Everex, akan dijual pada harga $399.

Konspirasi Microsoft?
Beberapa blogger berpengaruh di dunia TI menyoroti keputusan Wal-Mart tersebut tidak semata-mata karena alasan efisiensi biaya penjualan. Matt Asay dari Cnet.com menengarai keputusan tersebut berbau konspirasi dengan menunjukkan fakta bahwa Kevin Turner yang saat ini menjabat sebagai COO Microsoft adalah veteran Wal-Mart yang telah mengabdi selama 20 tahun dan merintis karirnya dari bawah di Wal-Mart.

Sementara Serdar Yegulalp dari Information Week meyakini bahwa penjualan gPC tanpa menyertakan monitor lah yang menyebabkan calon pembeli enggan melirik gPC meskipun dibandrol sangat murah. Namun demikian, banyak spekulasi bermunculan dibalik keputusan Wal-Mart tersebut seperti disangsikannya manfaat fitur Google Free Online Application pada gPC yang menyasar konsumer kelas bawah dengan kenyataan bahwa untuk memanfaatkan aplikasi tersebut tentu diperlukan koneksi internet kecepatan tinggi yang kemungkinan besar tidak dimiliki oleh pembeli gPC yang berkantong tipis. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostYahoo! Newshttp://news.yahoo.com


Original article at: [News] Wal-Mart Berkonspirasi dengan Microsoft?


No comments:

Post a Comment