Thursday, September 27, 2007

[News] 18.401 Situs di China Ditutup

Posted: 27 Sep 2007 09:17:22Viewed: 647 time(s)
Pemerintah China sedang resah. Merebaknya demam blog membuat peluang bagi semua orang untuk menyampaikan pendapatnya secara bebas. Belasan ribu situs di China yang menyediakan tempat untuk menyampaikan pendapat atau bertukar pikiran, seperti forum dan review, ditutup secara ‘membabi-buta’. Namun langkah ini ditengarai berhubungan dengan Kongres Partai Komunis Ke-17 yang tidak lama lagi akan berlangsung. Kongres ini dinilai sangat penting karena akan menentukan nasib China untuk 5 tahun ke depan.
Tapi akhir-akhir ini langkah tersebut mulai menuai protes dari banyak kalangan karena dinilai sepihak dan merugikan. IDC
(InternetData Center), perusahaan hosting dimana sebagian besar perusahaan di China baik milik swasta maupun pemerintah menyewa untuk hosting disana, tidak luput dari shutdown oleh pemerintah berkuasa.
Isaac Mao, seorang blogger pertama dari China yang saat ini sedang giat mengorganisir proyek monitor situs mengkonfirmasi hal tersebut. “Men-shutdown IDC adalah langkah paling praktis, cepat, dan efektif untuk menutup semua situs yang memungkinkan terjadinya interaksi antar pengguna internet di China,” demikian pernyataan Mao.
Untuk menghindari menjadi korban shutdown, ISP di China dan pemilik situs-situs pribadi beramai-ramai menghilangkan fiturchatroom, forum, dan fitur interaktif lainnya dari situs mereka. “Tentu kami tidak ingin mengalami hal tersebut. Orang-orang dari ISP telah mengingatkan kami untuk segera menghilangkan bagian komentar, blog, bulletin dan semacamnya.” (ella)


Editor:Source:URL:
Bhinneka PostGoogle Newshttp://news.google.com






No comments:

Post a Comment