Tuesday, September 25, 2007

[News] Bhinneka.Com Luncurkan Fitur RSS Feeds


Posted: 25 Sep 2007 16:21:34Viewed: 969 time(s)
 



Ya! Kini Bhinneka.Com mendukung RSS Feeds! Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung situs setia Bhinneka.Com, kami menghadirkan layanan RSS feeds untuk mempermudah anda memperoleh kutipan berita terkini, review produk, panduan berbelanja dan informasi promosi secara cepat dan mudah. Kami akan selalu menghadirkan konten-konten terkini beserta informasi promosi secara regular, maka pastikan feeds dari Bhinneka.com anda selalu ter-update. Sssstt... Jangan lewatkan kesempatan menerima promosi spesial khusus yang hanya akan diinformasikan melalui RSS feeds kami. Tunggu tanggal mainnya!

 Bagi yang akrab dengan dunia maya mungkin cukup sering terlintas dihadapan anda singkatan RSS atau icon berwarna oranye bergambar seperti radar. Bagi yang belum familiar, artikel ini akan menjelaskan mengenai RSS, keuntungan, serta manfaat dari RSS yang akan membantu anda menjadi lebih efektif untuk mengakses informasi dari dunia internet. Bukan tidak mungkin RSS akan mengubah pola anda membaca berita.
 

Apakah Bhinneka.Com RSS Feeds itu?
Bhinneka.Com RSS Feeds adalah penerapan teknologi RSS untuk menyampaikan berita, artikel, atau promo dari situs Bhinneka.Com, yang disampaikan secara singkat, cepat, dan diperbaharui secara reguler.Carilah logo dan link RSS di bagian Bhinneka Post untuk berlangganan feeds dari kami.

Lalu, apakah RSS Feeds itu?
RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. Berawal dari kebutuhan penyedia konten berita untuk melakukan sindikasi berita dari dan ke situs lain, maka lahirlah RSS. RSS adalah teknologi protokol untuk menyampaikan/ mesindikasikan berita terbaru secara singkat, cepat dan diperbaharui secara reguler. Secara umum berita yang disampaikan merupakan judul atau topik beserta potongan beritanya, dan disertai juga dengan sebuah link untuk mengakses keseluruhan isi berita secara lengkap. Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi ini semakin populer dan anda dapat menikmati sindikasi berita langsung dari desktop maupun perangkat bergerak anda.

Keuntungan apa yang didapatkan dengan mengakses RSS Feeds?

þ      Cepat
Sebuah cara pengecekan berita secara cepat tanpa secara manual membuka langsung situs utamanya.
Sangat berguna apabila ingin mengecek berita ke banyak situs sekaligus.

þ      Mudah
Hanya membutuhkan sekali proses input alamat feeds, selebihnya dapat diset untuk pengecekan berita secara otomatis.
Mempermudah melakukan cek berita ke banyak situs sekaligus, tanpa perlu membuka satu persatu.

þ      Murah dan efisien
Secara umum berita dan akses RSS disediakan secara gratis.
Biaya koneksi waktu maupun data jauh lebih sedikit dan hemat dibandingkan mengecek berita satu-persatu ke berbagai situs utama.

þ      Membaca berita secara cerdas dan efektif
Membuat anda tidak ketinggalan berita, hanya butuh sedikit waktu untuk mengakses berita. Pilih berita yang anda inginkan! Judul dan penggalan berita mempermudah anda untuk menentukan berita mana yang ingin anda lihat selengkapnya.
Seringkali cukup hanya dengan membaca judul dan penggalan beritanya, sudah dapat memperkaya anda dengan informasi terkini.

þ      Akses dimana saja
Dengan sifatnya yang cepat, mudah, murah dan efektif, membuat RSS Feeds ini sangat cocok untuk diakses dari perangkat bergerak seperti Hand Phone, Smart Phone, PDA Phone dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengakses RSS Feeds?
Untuk mengakses RSS feeds, anda membutuhkan sebuah program pembaca RSS (RSS Reader). Seiring dengan populernya teknologi ini, saat ini tersedia cukup banyak program pembaca RSS. Bahkan hampir semua program browser internet mengintegrasikan fitur kecil namun berguna ini. Berikut beberapa RSS reader yang mudah dan sering digunakan.

þ      Internet Explorer 7
Saat mengunjungi situs yang memiliki RSS feeds, icon "Feeds" akan menyala oranye, klik icon tersebut dan klik pada "Subscribe to this feed" untuk memasukkannya pada daftar RSS. Atau, langsung masukkan informasi alamat/ URL RSS Feeds pada address bar Internet Explorer 7 anda, klik pada "Subscribe to this feed" untuk memasukkannya pada daftar RSS Feeds. Untuk mengaksesnya kembali dilain waktu, buka menu Feeds toolbar dengan menekan kombinasi tombolCtrl+Shift+J.

þ      Windows Vista Sidebar
Lakukan langkah untuk mendaftar RSS Feeds pada IE7. Lalu tambahkan gadget RSS Feeds yang tersedia secara default pada menu opsi sidebar anda. Berita aktual dari berbagai situs langsung tersedia di desktop anda secara otomatis.

þ      Opera 9 web browser
Saat mengunjungi situs yang memiliki RSS feeds icon RSS Feeds berwarna oranye akan muncul di tepi kanan address bar, klik icon tersebut dan klik pada "Subscribe to this feed" untuk memasukkannya pada daftar RSS. Atau langsung masukkan alamat RSS Feeds pada address bar browser Opera 9 anda, saat muncul dialog box yang menanyakan “Would you like to subscribe to this feeds?” klik “Yes" untuk memasukkannya pada daftar RSS Feeds.
Untuk mengaksesnya kembali dilain waktu, klik tombol “Feeds” pada menu bar.

þ      Snarfer
Bagi yang ingin menggunakan program khusus, dapat menggunakan Snarfer sebagai pembaca RSS feeds untuk sistim operasi Windows. Dengan antar muka yang mudah dan lay-out yang rapi, program ini akan memudahkan anda mengumpulkan, mengatur dan membaca banyak RSS feeds sekaligus. Program ini dapat didownload di http://www.snarfware.com. Setelah melakukan instalasi, anda dapat langsung menambahkan link/ URL feeds yang anda inginkan atau memilih dari beragam tawaran RSS dari Snarfer.

þ      Ponsel Sony Ericsson
Beberapa telepon genggam SonyEricsson terbaru telah menyediakan program pembaca RSS secara built-in. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengecek alamat URL RSS feed dari situs yang anda inginkan, dan masukkan alamat tersebut pada menu "New Feed" di RSS reader ponsel anda.

þ      Ponsel Nokia
Beberapa telepon genggam Nokia yang menggunakan Symbian OS S60 juga sudah mengintegrasikan RSS reader. Buka menu “Web” dan masuk ke opsi “Web Feeds” untuk memasukkan URL/ link RSS dari situs yang anda inginkan.

þ      Ponsel Java MIDP 2.0, dengan memakai Opera Mini
Bila ponsel anda memiliki fitur Java MIDP 2.0, anda dapat menggunakan browser Opera Mini untuk melihat RSS Feeds.
Download dan install ke ponsel anda aplikasi Opera Mini 3.1 dari http://www.operamini.com.
Cek alamat URL RSS feed dari situs yang anda inginkan, masukkan alamat tersebut pada address bar Opera Mini, dan klik "Subscribe".
Untuk mengaksesnya kembali, klik icon "Feeds" pada halaman utama Opera Mini.

Seperti apa contoh alamat/URL dari RSS Feeds?


Bagaimana mencari RSS Feeds?
Ada dua cara untuk mencari RSS Feeds, antara lain:

þ      Sistem deteksi otomatis web browser
Perhatikan icon/ tombol feeds di browser anda. Saat icon feeds menyala atau muncul, berarti situs yang anda kunjungi memiliki fitur RSS Feeds.

þ      Icon, logo, link atau shortcut
Ada beberapa situs yang memiliki fitur RSS Feeds tetapi tidak kompatibel dengan sistem deteksi otomatis web browser.Umumnya situs seperti ini menyediakan informasi alamat/URL feeds-nya melalui identifikasi visual. Contoh icon dan logo umum RSS:





Selamat menikmati berita aktual dan terkini dari kami! 
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka Post-n/a


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Bhinneka.Com Luncurkan Fitur 
RSS Feeds


No comments:

Post a Comment