Tuesday, October 10, 2006

[News] Google Akuisisi YouTube Senilai $1.65 Milyar


Posted: 10 Oct 2006 15:33:25Viewed: 553 time(s)
 
Google kembali membuat gebrakan dalam melebarkan sayap dengan mengakuisisi berbagai perusahaan IT khususnya bidang internet. YouTube yang makin melejit sebagai situs berbagi video tidak luput dari incaran Google. Senin lalu Google menyetujui nilai akuisisi sebesar $1.65 milyar dalam bentuk saham dan langsung mencatat nilai tertinggi dalam pasar situs media.

Transaksi ini sangat menarik karena melibatkan 2 raksasa situs media yang saat ini sedang berada di puncak sukses. Google, tidak diragukan lagi adalah yang terdepan dalam layanan mesin pencari yang terus melakukan inovasi. Sementara YouTube adalah situs berbagi video yang kaya fitur yang lahir dari Silicon Valley.
 
Untuk mengantisipasi akuisisi tersebut, para investor menekan harga saham Google di bursa Nasdaq hingga $8.5 atau sekitar 2% dari nilai saham. Senin itu Google ditutup pada $429. Dalam beberapa jam setelah pengumuman akuisisi Google untuk YouTube, saham Google diturunkan hingga $427.63.

Namun animo investor tampaknya tetap tinggi. Sejak muncul kabar akan bergabungnya YouTube dengan Google beberapa hari sebelumnya, penjualan saham Google meningkat 2% sementaradealing masih dalam pembicaraan. Dalam 2 hari terakhir, Google telah menambah modal kapital sebesar $4 milyar, setara dengan dua kali lipat nilai yang disepakati Google untuk YouTube.

Bagi Google, akuisisi ini akan mempercepat realisasi ambisinya untuk memimpin pasar periklanan video yang hanya tinggal selangkah lagi dari Yahoo, saingan terbesar Google. (ella)
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostReutershttp://www.reuters.com


Original article at: Bhinneka.Com - [News] Google Akuisisi YouTube Senilai $1.65 Milyar


No comments:

Post a Comment