Thursday, July 17, 2008

[Review] Plantronics Voyager 510-USB Bluetooth Headset

Posted: 16 Jul 2008 10:37:19Viewed: 1896 time(s)

Kelebihan

  • Ringan dan ergonomis, nyaman dikenakan di telinga dalam waktu lama
  • Bentuknya fleksibel dan dapat dilipat sehingga mudah dimasukkan saku
  • Kualitas suara yang prima
  • Hadir dalam 3 ukuran berbeda sehingga dapat melekat sempurna di telinga
  • Jangkauan Bluetooth lebih baik dibanding headset Bluetooth sejenis
Kekurangan
  • Terlalu bergantung pada sedikit tombol untuk banyak fungsi
  • Tombol On/Off terasa kecil dan keras
  • Tidak dapat melakukan hold panggilan pada saat berubah ke mode PC sehingga harus memutus panggilan telepon
Plantronics yang sudah lama dikenal dengan produk komunikasi yang dikhususkan untuk call-center sudah lama meluncurkan headset seri Voyager 510 Bluetooth. Namun demikian, hingga sekarang seri ini masih menjadi pilihan pengguna headset Bluetooth dengan mempertimbangkan segala kelebihannya. Salah satunya yang paling menonjol adalah kemampuannya mendukung VoIP dengan sambungan ke PC sekaligus terhubung dengan ponsel secara simultan. Hal ini tentu lebih praktis karena pengguna tidak perlu melakukan register dan de-register berulang-ulang setiap kali ingin berpindah dari satu alat komunikasi ke alat komunikasi lain. Ini berkat MultiPoint Technology yang secara eksklusif dimiliki Plantronics Voyager 510 Bluetooth.

Berukuran 4 x 2 x 0.8 inci dengan berat 5.6 ounce, Plantronic Voyager 510 Bluetooth tergolong ringan yang sangat nyaman digunakan di telinga terutama untuk seorang petugas call-center yang paling tidak menggunakannya selama 8 jam sehari. Memang sedikit lebih berat dan lebih besar dibanding Motorola HS850, tetapi secara desain Plantronic Voyager 510 Bluetooth tetap lebih unggul karena desainnya yang nyaman ketika digunakan di telinga dalam waktu lama.

Banyak PC maupun laptop yang belum mempunyai fitur Bluetooth, terlebih pada saat Plantronic Voyager 510 Bluetooth pertama kali diluncurkan sekitar 2 tahun yang lalu. Tetapi kendala tersebut telah dipikirkan oleh Plantronics sebagai produsen Voyager dengan menyertakan USB Bluetooth Adapter dalam paket Voyager 510 Bluetooth yang tidak membutuhkan driver untuk instalasi sebelum digunakan. Kelebihan ini tentu menjadi kemudahan bagi pengguna ponsel seri profesional yang terhubung ke beberapa perangkat komunikasi berfitur Bluetooth. Tersedia pula software PerSonoCall yang dapat diinstal untuk menambah fitur Voyager 510 Bluetooth dengan kemampuan menjawab, menggantung, dan mengakhiri panggilan dengan satu tombol fungsi.


Sistem Voyager 510 Bluetooth mengintegrasikan software pendukung aplikasi softphone dari perusahaan terkemuka seperti Avaya, Cisco, Skype dan lainnya untuk menyajikan kemampuan memberitahu dan menjawab panggilan dari jarak jauh melalui headset. Selain dapat berintegrasi dengan perangkat keras komunikasi dari merk-merk terkemuka diatas, Voyager 510 Bluetooth juga dapat berkolaborasi dengan penyedia layanan VoIP seperti AOL, MSN dan Yahoo!, meskipun tidak tersedia fitur penjawab panggilan jarak jauh untuk layanan ini. Pada saat uji coba, sebuah panggilan yang masuk melalui Skype dapat dijawab hanya dengan menekan tombol kendali pada Voyager 510 Bluetooth dan panggilan dapat diterima dengan baik.

Headset berbasis Bluetooth dengan teknologi yang cerdas pada Voyager 510 mampu mendeteksi perangkat Bluetooth mana yang sedang aktif dan memungkinkan pengguna untuk menerima panggilan masuk dari perangkat manapun dengan menekan tombol kendali. Dengan sebuah Plantronics Bluetooth Deskphone Adapter yang dijual terpisah sebagai opsional, pengguna dapat menghubungkan telepon tetap dan ponsel yang dimiliki dan berpindah diantara keduanya dengan mudah dalam memanfaatkan Voyager 510 Bluetooth.

Headset Voyager 510 menyajikan fitur noise-cancelling pada mikrofonnya yang akan menghasilkan suara yang lebih jernih. Voyager 510 juga mendukung Adaptive Frequency Hopping (AFH) yang dapat membantu menghindari interferensi dengan jaringan nirkabel yang sedang aktif disekitarnya. Dengan baterai lithium polymer yang dapat diisi ulang. Voyager 510 mampu bertahan untuk percakapan selama 6 jam dan standby selama 100 jam.


Fitur voice dialing yang terdapat pada ponsel Anda dapat diaktifkan dengan menekan tombol ‘Call’ dan menahannya selama 2 detik sampai terdengar nada peringatan sebagai tanda ponsel siap menerima perintah suara Anda dengan memanggil nama kontak yang akan Anda hubungi. Sementara untuk memindahkan panggilan yang masuk ke ponsel ke headset caranya sangat praktis dan cepat, hanya dengan menekan tombol ‘Call’. Sebaliknya, pengalihan panggilan dari headset ke ponsel terasa sedikit lebih lama dibanding pengalihan dari ponsel ke headset. Pada saat uji coba, baik bunyi beep dari headset maupun audio yang sedang Anda dengarkan dari PC keduanya dapat terdengar dengan jelas sehingga masing-masing
tidak saling mengganggu kenyamanan dan kebutuhan Anda baik dalam berkomunikasi maupun bersantai.

Kesimpulan
Plantronics Voyager 510 USB dapat dikatakan tampil sebagai salah satu headset bluetooth terbaik yang ada di pasar saat ini. Kemampuannya untuk terhubung ke aplikasi audio di PC (termasuk VoIP) dan ponsel ber-bluetooth secara bersamaan sungguh memberikan manfaat yang efisien sekaligus memudahkan. Kualitas audio yang dihantarkan sangat baik, didukung dengan desain ergonomis yang mendukung kenyamanan untuk pemakaian lama seperti pada call center. (ella)

Source: CNet.com
Posted in Bhinneka.Com on 16 Jul 2008 10:37:19

No comments:

Post a Comment