Friday, October 31, 2008

[Copywriting] Backstage: Cerita Dibalik Desain





 
Theme IdeaTeam
Creative DirectorHendrik Tio
Art DesignerDini Kartika & Cay-Cay
ProgrammingArjuna
PerpustakaanElla Viryananda
Script WriterElla Viryananda
DatabaseLeo Antonius
Published PeriodMar 2008 - Jun 2009
Copyright ©Bhinneka Mentari Dimensi
Setelah lebih dari 3 tahun Bhinneka.Com hadir 
dengan desain yang sama, akhirnya desain 
baru yang memakan waktu persiapan lebih dari
1 tahun ini kami luncurkan. Lamanya waktu 
yang dibutuhkan tentu tidak hanya disebabkan 
perubahan desain semata. Begitu banyaknya 
perubahan internal yang mengiringi desain baru 
yang akan kami luncurkan membuat segala 
persiapan menjadi lebih kompleks. Mulai dari 
perubahan infrastruktur yang memungkinkan 
pengembangan Bhinneka.Com lebih jauh, 
perubahan scripting biasa ke .Net yang kini kami
 adaptasi, hingga penambahan fitur-fitur baru 
yang akan semakin memanjakan pengunjung setia 
Bhinneka.Com dengan pengalaman berbelanja 
online yang makin asyik.

Faces Of Indonesia
Pada desain sebelumnya Bhinneka.Com mengangkat 

tema “Only The Paranoid Survive”, sebuah buku 
karangan Andrew S. Grove (mantan CEO Intel) yang 
sangat inspiratif. Kali ini Bhinneka.Com hadir dengan 
tema “Faces Of Indonesia” yang menampilkan ke-
ragaman topeng Indonesia yang merupakan kekayaan 
budaya bangsa. Mungkin terasa agak bertolak belakang 
dimana Bhinneka.Com yang merupakan situs e-commerce produk-produk teknologi tinggi yang sangat erat dengan modernitas, justru dikelilingi oleh topeng-topeng yang 
bernuansa tradisional. Inilah upaya sederhana kami 
untuk terus mengingatkan kita semua akan keluhuran 
budaya bangsa.

Kekayaan Budaya Yang Kurang Terpelihara

Kami merasa terpanggil untuk turut melestarikan kekayaan budaya 
bangsa yang begitu banyaknya, melihat kenyataan masih 

sedikit situs-situs budaya yang mengulas dan meng-
inventarisasi kekayaan budaya Indonesia. Dalam penyusun-
an materi dan profil topeng-topeng pun kami menemukan kenyataan sedikit sekali situs hasil pencarian kami yang mengulas kekayaan budaya Indonesia secara khusus, bahkan pada situs wisata dan situs resmi pemerintah daerah 
sekalipun. 


Lebih prihatin lagi, informasi mengenai budaya Indonesia, khususnya topeng, justru kami temukan pada situs-situs berbahasa asing yang berasal dari luar negeri. Kebanyakan 
adalah toko online di luar negeri yang menjual topeng dan 
benda-benda seni dan budaya, situs referensi penelitian 
budaya yang kebanyakan disusun oleh orang berkebangsaan bukan Indonesia, dan beberapa situs pribadi milik pencinta budaya Indonesia yang mempunyai tujuan luhur demi melestarikan budaya bangsa. Semua sumber tersebut saling melengkapi penyusunan materi dan profil topeng yang 
sebagian besar kami dapatkan pula dari Wikipedia.

Desain yang kami luncurkan pada penghujung tahun 2007 ini merupakan desain ke-19 sejak Bhinneka.Com online pertama 

kali pada 1999. Artinya, selama 8 tahun sejak diluncurkan, 
rata-rata lebih dari 2 kali dalam setahun kami berganti desain. Namun desain ke-18 sebelumnya memang desain terlama yang bertahan selama 3 tahun lebih. Selamat menikmati desain dan fitur-fitur baru kami. Semoga langkah kecil yang kami lakukan dengan mengangkat tema kekayaan budaya bangsa, membuat kita semua tergerak untuk mencintai dan melestarikan 
kekayaan budaya warisan nenek moyang kita. [ella]

Mari berkenalan lebih dekat dengan topeng..



Original copy at: Bhinneka.Com - Backstage: Cerita Dibalik Desain

No comments:

Post a Comment