Monday, April 02, 2007

[Review] Nokia N95


Posted: 02 Apr 2007 11:44:01Viewed: 1249 time(s)
 

Nokia N95 bisa jadi merupakan seri Nokia paling ambisius yang pernah dibuat. Semua fitur yang sebelumnya tidak terbayangkan untuk sebuah ponsel, ‘dipaksa’ masuk dalam satu alat komunikasi yang membuatnya layak disebut “bukan sekedar ponsel”. Bahkan beberapa calon pengguna yang sudah tidak sabar menunggu kehadirnya N95 menyebutnya “mini PC” karena beberapa fiturnya yang hampir menyamai PC.
Selain menyajikan fitur-fitur mutakhir yang ada pada ponsel terbaru, N95 menambahkan fitur GPS (Global Positioning Service) yang sejauh ini baru ada di PDA. Mulai dari kamera 5 megapiksel, pemutar MP3, FM radio, browser internet, sampai 3G dan WiFi.
Desain

N95 tetap berdesain ala ponsel pada umumnya ketimbang sebuah smartphone (jika Anda ingat 9300/9500) atau bahkan PDA. Termasuk kecil untuk sebuah ponsel dengan fitur dan beberapa fungsi dari sebuah PC. Lebarnya 53 mm, panjang 99 mm dan tebal 21 mm. Jika selama ini kebanyakan ponsel atau PDA hanya memiliki satu cara sliding, tidak demikian dengan N95 yang hadir dalam 2 mode sliding yaitu vertikal dan horizontal. Menggeser secara horizontal akan memberikan akses kepada tombol-tombol multimedia sedangkan menggeser secara vertikan akan membuka akses ke tombol angka (keypad).
Desain tombol cukup ergonomis dan mudah ditekan dengan bentuk timbul yang halus tetapi memberikan kontur yang nyata.

Fitur Multimedia Pada Nokia N95
Nokia tampak sangat serius dalam menghadirkan fitur multimedia pada N95. Semua telah dipertimbangkan termasuk desain layar lebar yang membuat semua fitur multimedia seperti fungsi kamera dan video, TV out, browser internet serta document viewer akan tersaji dengan baik pada layar N95.
Kamera - Keseriusan itu dimulai dari kamera digital dengan resolusi 5 megapiksel. Sunggung resolusi yang sangat besar untuk sebuah ponsel. Ini adalah lompatan yang cukup jauh sejak seri sebelumnya yaitu N73 yang hadir ‘hanya’ dengan resolusi 3,2 megapiksel. Lensa yang digunakan pun adalah Carl Zeiss yang masih diakui sebagai yang terbaik untuk lensa perangkat fotografi. Jumlah warna yang dihadirkan sebanyak 16 juta dengan tingkat kecerahan yang dapat menyesuaikan dengan kekuatan cahaya dan ambien. Sementara untuk video call, N95 menambahkan kamera tambahan berukuran VGA yang terletak diatas layar.
Video & TV Out - Untuk melengkapi fitur video, N95 mempunyai kemampuan untuk memutar video klip dan mendukung banyak format file video yang populer. Video yang didukung tidak sebatas pada file video hasil rekaman menggunakan N95 tetapi juga file video hasi download danstreaming. Jika Anda kurang puas untuk menyaksikannya di layar seukuran layar PDA, N95 yang dilengkapi dengan TV out akan memungkinkan Anda untuk menyaksikan hasil rekaman video maupun hasil jepretan kamera N95 pada layar televisi.
Musik - Radio FM dan pemutar MP3 sudah pasti ada di N95. Dua fitur ini akan memberikan Anda kepuasan menikmati siaran radio pilihan Anda maupun lagu-lagu koleksi favorit. Jangan khawatir format lagu Anda tidak dapat dimainkan pada N95, karena N95 mendukung hampir semua format file audio yang ada. Yang istimewa, N95 dilengkapi dengan jack 3.5mm yang dapat langsung dihubungkan dengan speaker untuk dapat menikmati keleluasaan mendengarkan lagu dari N95 tanpa harus selalu menggunakan headphones yang kadang merepotkan. Fitur jack 35mm ini kabarnya baru ada pada N95 meskipun sudah banyak seri ponsel mengklaim dirinya sebagai walkman phone.
GPS - Kami terpaksa memasukkan fitur GPS pada kelompok multimedia karena fungsi ini termasuk baru untuk sebuah ponsel. Fitur yang sebelumnya hadir di beberapa seri terbaru PDA ini kini dapat dinikmati pada sebuah smartphone yang dipelopori oleh Nokia N95. Terdapat sekitar 100 peta negara yang disertakan pada N95. Sayangnya tim kami di CNet Lab mendapatkan prototipe dengan GPS yang belum diaktifkan sehingga kami tidak dapat mencoba menjalankan routing pada peta suatu daerah yang kami lintasi.

Konektivitas pada Nokia N95
Koneksi internet dapat dilakukan melalui HSDPA (yang biasa dikenal dengan 3G) dan juga melalui WiFi 802.11 b/g. Browser yang ditampilkan sangat mirip seperti yang ada pada seri N73. Sedangkan koneksi antar ponsel dapat dilakukan melalui koneksi bluetooth maupun infrared yang keduanya terdapat pada N95. Dan setelah fitur istimewa jack 35mm untuk mendukung fitur multimedianya, kembali N95 memberikan tambahan fitur yan tak biasa berupa miniUSB port yang menambah fungsi N95 sebagai perangkat penyimpanan data. Cukup masuk akal karena kapasitas penyimpanan internal pada N95 tersedia sebesar 160MB dengan slot memory microSD yang dapat diekspansi hingga 2GB.
Fitur-fitur lain yang melengkapi Nokia N95 diantaranya: e-mail client, speakerphone mode, voice recorder, sinkronisasi jarak jauh, java games juga koneksivitas quad-band (yang berarti dapat digunakan di negara manapun yang menggunakan jaringan GSM). Fitur tambahan lain yang bisa didapatkan melalui download adalah software third-party berbasis Symbian seperti kamus dan foto editor.

Yang Perlu Diperhatikan
Boleh dikatakan N95 hampir tanpa cela. Tetapi, apa yang harus ‘dibayar’ untuk semua fitur mutakhir yang dihadirkan N95? Tentu saja daya tahan baterai-nya yang seharusnya juga mengalami peningkatan untuk mengimbangi kecanggihan fitur yang sudah tentu akan menyedot baterai lebih banyak dibanding fitur-fitur sebelumnya. Jadi, bagi Anda calon pengguna N95, bersiaplah untuk bijaksana dalam menggunakan fitur-fitur canggih pada N95 untuk mendapatkan utilitas baterai yang efisien. (ella)


Link to Product(s):
NOKIA N95
Beli   Info
NOKIA N95 8GB
Beli   Info
 

Editor:Source:URL:
Bhinneka PostCNethttp://www.cnet.com


Original article at: Bhinneka.Com - [Review] Nokia N95



No comments:

Post a Comment